Recent Posts

Kamis, 05 Maret 2015

Peluang Bisnis Dalam Bidang IT

Karya Ilmiah
“ Peluang Bisnis Dalam Bidang IT dan Desain”
Corel Draw X4






Disusun Oleh :

YULIANA PAWESTRI
14.02.8896
D3 MANAJEMEN INFORMATIKA 04


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR






BAB I
ABSTRAK

Dalam perkembangan zaman sekarang manusia tidak terlepas dalam penggunaan Teknologi, contoh hal kecil yaitu penggunaan TV maupun ponsel. Di STMIK AmikomYogyakarta juga mempelajari tentang IT sekaligus bisnis. Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat, maka banyak pula peluang usaha yang bisa di ambil. Banyak oramg yang tidak sadar akan hal ini, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan peluang ini, salah satu contoh yaitu dalam bidang desain. Dalam kehidupan sehari hari kita tidak terlepas dari gambar maupun corak nah itulah sebagian kecil yang di sebut desain.
Secara umum desain berarti rancangan. Sehingga pada pembahasan karya ilmiah ini yang di maksud dengan desain yaitu suatu seni merancang menggunakan media teknologi. Dalam dunia IT khususnya dalam software software yang di gunakan untuk mendesain salah satunya adalah Corel Draw X4. Corel Draw X4 banyak digunakan di kalangan masyarakat kecil hingga perusahaan besar karena mudah di gunakan serta hasilnya bagus.
Seperti yang sudah kita tahu di kampus IT  STMIK Amikom Yogyakarta juga mempelajari tentang Desain dalam multimedia, sehingga di STMIK Amikom Yogyakarta tersebut kita diajarkan bagaimana cara desain yang baik serta bagaimana cara menggunakan software aplikasi untuk desain tersebut. Banyak peluang bisnis yang bisa di dapatkan dari desain di dalam kehidupan sehari hari seperti halnya pembuatan undangan, kartu nama, ID card, brosur, banner, spanduk dan lain sebagainya. Karena setiap orang pasti membutuhkan produk tersebut. Misalnya setiap orang di bumi ini pasti akan menikah, maka itu akan memerlukan undangan pernikahan.
















BAB II
ISI

A.    Peluang Bisnis Dalam Dunia IT
Sebagian besar orang di bumi ini pasti ingin berbisnis, namun tidak sedikit pula yang faham mengenai peluang dalam berbisnis. Dalam dunia bisnis pada zaman sekarang tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang sangat berhubungan dengan kehidupan kita sehari hari. Maka, peluang bisnis dalam dunia IT pada masa ini sangat banyak, misalnya saja dalam desain menggunakan teknologi yaitu penggunaan Corel Draw.
Dalam peluang usaha yang di dapat dari penggunaan corel draw antara lain : pembuat iklan dalam bentuk brosur ataupun  sepanduk, kemudian pembuat kalender, desainer kemasan produk, kartu nama , dan lain lain masih banyak lagi. Karena semua orang pasti memerlukan sebuah desain tersebut.

B.     Pengenalan Corel Draw
Sebelum kita memulai untuk mendasain menggunakan Corel Draw X4, akan di bahas sebelumnya mengenai apa itu Corel Draw.
Coreldraw adalah pengolah Vektor berupa garis dan bidang yang diolah berdasarkan pengaturan pengaturan angka-angka vektor. Pada pengenalan ini kita akan mempelajari lebar kerja atau tampilan CorelDraw. Disini saya menggunakan CorelDraw Graphic Suite X4 yang pada dasarnya hampir sama dengan coreldraw pendahulunya yaitu X3, CorelDraw 10, 11, dan 12.
Untuk membuka Corel Draw X4
1.       double klik shortcut Corel Draw X4 untuk membuka
2.      Klik new blank document





Berikut merupakan penjelasan tentang tools yang ada di Corel Draw X4

1.      Tittle Bar merupakan tempat untuk menampilkan judul atau nama file yang kita buat
2.      Menu Bar merupakan sekumpulan perintah atau fasilitas dalam corel
3.      Standard Tool Bar merupakan sekumpulan alat alat yang di gunakan dalam menu standar pembuatan objek
4.      Property bar adalah fasilitas yang disediakan untuk memunculkan fungsi-fungsi yang sering digunakan ketika aktif pada salah satu alat gambar pada tool box.
5.      Ruler Bar sebagai alat pengukur dalam pembuatan objek
6.      Tool Box merupakan sekumpulan alat yang bisa digunakan untuk melakukan suatu perintah
7.      Work area adalah tempat di mana objek dapat di buat
8.      Page area / work sheet merupakan tempat untuk membuat dan menempatkan objek yang akan di simpan
9.      Colour pallete merupakan tempat warna untuk mewarnai objek
10.  Page number merupakan status di mana halaman kita yang sedang aktif
11.  Status bar sebagai pemberi informasi mengenai objek atau lembar kerja yang sedang di buat





Penjelasan
1. Pick tool : Mengaktifkan obyek dan untuk melakukan editing dasar dari obyek. Misalnya
scaling, rotating, skewing, resizing
Shape Tools
1. Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape( komponen garis dari obyek).
2. Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.
3. Roughen Tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
4. Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.
Crop Tools
1. Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.
2. Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara kerjanya persis seperti
menggunakan pisau biasa.
3. Eraser Tool : Menghapus bagian tertentu dari obyek.
4. Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtual
Zoom Tools
1. Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.
2. Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.
Curve Tools
1. Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.
2. Bezier Tool : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.
3. Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk yang artistik.
4. Pen Tool : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secara
langsung.
5. Polyline Tool : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.
6. 3-Point Tool : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.
7. Connector Tool : Membuat obyek garis konektor secara interaktif
8. Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.
Smart Tools
1. Smart Fill : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.
2. Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun dengan
hasil yang lebih bagus.
Rectangle Tools
1. Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.
2. 3-Point Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengan
kemiringan tertentu.
Ellipse Tools
1. Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips.
2. 3-Point Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringan tertentu


Penjelasan
Object Tools
1. Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.
2. Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.
3. Complex Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.
4. Graph Paper : Membuat obyek menyerupai tabel.
5. Spiral Tool : Membuat obyek spiral.
6. Text Tool : Membuat obyek teks.
7. Table Tool : Membuat tabel.
Perfect Shape Tools
1. Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.
2. Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.
3. Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.
4. Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.
5. Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).

Eyedropper Tools
1. Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.
2. Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.
Interactive Tools
1. Blend tool : Memberikan efek transformasi dari satu obyek ke obyek lain.
2. Contour tool : Memberikan efek kontur pada obyek.
3. Distort tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.
4. Drop shadow tool : Memberikan efek bayangan pada obyek.
5. Envelope tool : Memberikan efek perubahan bentuk pada obyek.
6. Extrude tool : Memberikan efek tiga dimensi pada obyek.
7. Transparency tool : Memberikan efek transparansi warna pada obyek

B.   Langkah Langkah Pembuatan Kartu Nama Menggunakan Corel Draw X4
1.      Buka aplikasi corel draw X4
2.      Setelah lembar kerja terbuka, ganti satuan unit ukuran dari inchi menjadi cm pada property bar

3.      Klik rectangle tool pada tool box, kemudian drag and drop pada work sheet/lembar kerja. Lalu ubah ukurannya menjadi 9x5cm pada property bar
          


4.      Untuk member warna pada kotak tersebut klik fill > fontain fill pada tool box, dan atur warnanya   



5.      Untuk menambahkan tulisan klik text tool pada tool box, lalu tambahkan tulisan pada kotak tsb. Untuk mengubah warna pilih warna pada pallete colour sebelah kanan.
       

 
6.      Kemudian tambahkan simbol simbol sesuai dengan konten. Klik text pada menu bar lalu pilih Insert Symbol Character. Pada jendela insert character pilih font Webdings. Atur ukuran simbol atau gambar dengan mengedrag titik pada pojok gambar.
    





7.      Setelah itu kita dapat menambahkan objek character lagi, kemudian klik objek tersebut lalu klik Effects pada menu bar dan klik power clip. Kemudian klik pada objek kotak.

8.      Klik kanan pada objek kotak kemudian pilih edit contents. Aturlah tata letak gambar tersebut. Setelah itu klik objek gambar tadi, kemudian pilih interactive tool pada tool box dan pilih transperancy. Klik dan drag pada objek gambar dan atur sesuai selera.
        





9.      Atur ukuran gambar tersebut kemudian jika sudah klik finish editing object pada kiri bawah. Maka hasil akhirnya seperti ini





BAB III
PENUTUP

Referensi
Pemikiran sendiri
Pembelajaran di www.amikom.ac.id
Pembelajaran di www.smkn1klaten.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More