Karya Ilmiah
“ Peluang Bisnis Dalam Bidang Fashion”
Disusun Oleh :
YULIANA PAWESTRI
14.02.8896
D3 MANAJEMEN
INFORMATIKA 04
STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA
TAHUN 2015
BAB I
ABSTRAK
Manusia itu tidak
terlepas dari industri fashion, karena
setiap orang pasti membutuhkan pakaian wanita ataupun pria. Karena setiap hari
manusia pasti membutuhkannya. Sekaligus dengan seiring perkembangan zaman,
pasti tidak sedikit pula yang mengikuti tren pada masa itu. Seiring
berkembangnya zaman, dunia fashion semakin mengalami perubahan. Dunia ini pun
akhirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa orang untuk memulai bisnisnya di
bidang fashion.
Industri fashion memang
tidak akan pernah punah oleh perubahan apa pun. Tetapi, industri fashion selalu
membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya
fashion dengan mode dan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan
kepuasan para konsumen.
Dari apa yang sudah di
pelajari di STMIK Amikom Yogyakarta tentang
IT ataupun Teknologi jaringan mempelajari pula cara manajemen pemasaran yang
baik, misalnya dengan cara online(web/sosmed) kemudian barang di kirim.
Misalnya di STMIK Amikom Yogyakarta
diajarkan tentang manajemen pemasaran, bagaimana cara mengetahui minat
konsumen, bagaimana cara melayani konsumen yang baik, bagaimana cara memasarkan
yang baik dan tepat sasaran.
BAB II
ISI
ISI
A.
Peluang
Bisnis Dalam Bidang Fashion
Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion semakin
mengalami perubahan. Dunia ini pun akhirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa
orang untuk memulai bisnisnya di bidang fashion. Dan, untuk terjun ke dunia
itu, jika ada banyak pilihan, mulai dari skala kecil sampai kelas factory
outlet, yang disesuaikan dengan modal calon owner.
Konsumen adalah harta karun industri fashion yang akan
terus menciptakan nilai tambah buat kemajuan bisnis fashion. Sebuah industri
fashion harus benar-benar memahami tentang makna dari semua desain yang dibuat.
Dalam hal itu, perlu dikaji mengenai dampak desain fashion tersebut, yang bisa
menciptakan rasa nyaman, pantas, dan bahagia buat para pemakainya. Intinya,
setiap orang butuh busana untuk menutupi tubuhnya.
Salah satu rahasia untuk meraih sukses dalam industri
fashion adalah bekerja dengan menggunakan kekuatan kreatif, kekuatan strategis,
dan kekuatan psikologis optimis dari setiap orang di tempat kerja. Bisnis
fashion sangat sensitif terhadap kualitas, mode, harga, tren, dan gaya hidup
yang selalu berubah bersamaan dengan berubahnya kebutuhan, daya beli, dan
selera konsumen.
Oleh karena itu, dibutuhkan integritas total dari setiap
orang di industri fashion untuk bersikap prokreatif dalam memahami dan melayani
semua kebutuhan pasar secara sempurna. Adapun menganggap enteng dan melalaikan
persepsi pasar merupakan sebuah perbuatan keliru dalam bisnis fashion.
Jadi, sebaiknya jika kita ingin
berbisnis dalam bidang fashion ini kita harus memperhatikan :
a. Model
Model atau gaya yang unik, baik, atau
pada umumnya
b. Bahan
Sesuai dengan kebutuhan serta yang
menjamin mutu baik
c. Alat
Sesuaikan dengan jenis pakaian apa
yang ingin di buat
d. Lingkungan
Lihat sekitar lingkungan tempat kita
ingin mendirikan bisnis, pakaian yang sedang tren atau sedang banyak di gemari
yang sering di sukai orang sekitar serta sesuaikan dengan umur konsumen
e. Pola
Melihat bagaimana jenis pakaian
sesuai dengan pola atau gambar pakaian tersebut
B Jenis-Jenis
Pakaian
1. Pakaian Seragam (Sekolah/Kerja)
2. Pakaian Hangout
3. Pakaian Daerah
4. Pakaian Sehari hari
5. Pakaian Untuk Acara Penting
6. Pakaian Olahraga
Dll.
A.
Tips
dan Cara Membuka Usaha Di Bidang Fashion
1. Membuka Toko/kios
Jika ingin
membuka usaha di bidang fashion, sebaiknya kita punya tempat untuk mmenjalankan
usaha tersebut. Tempat itu tidak harus beli atau membangun, kita bisa sewa
terlebih dahulu. Jika kita tidak mempunyai tempat kita bisa melakukannya dengan
cara berkeliling. Namun jika berjualan berkeliling kita harus punya kendaraan
dahulu. Jika sistemnya online, kita bisa juga tidak menggunakan tempat, dengan
cara kita memasang foto pakaian yang ada di supplier (Jika dropship) di sosmed
atau web, jika ada yang pesan baru di ambilkan dari supplier tersebut.
2. Mencari Supplier yang Terpercaya
Jika kita
tidak merancang baju sendari dengan kata lain kita menjual merek yang ada pada
umumnya kita harus lebih selektif untuk memilih supplier (penyedia barang).
Dari segi harga, kualitas, kepercayaan serta model pakaian. Dan juga carilah
supplier yang benar benar sudah berpengalaman agar tidak terjadi suatu kejadian
yang tidak di inginkan.
3. Merancang Baju Sesuai Kreatifitas
Jika kita
menjual baju yang kita rancang sendiri sebaiknya kita mengembangkan
kreatifitasan dengan cara menambah referensi, mengikuti tren serta sesuaikan
dengan lingkungan agar peminat pada baju rancangan sendiri banyak.
4. Mengikuti Tren
Mengikuti
tren fashion pada masa itu, sehingga kita selalu update tentang fashion yang
sedang banyak di minati oleh konsumen.
5. Melihat Situasi
Jika anda
ingin bisnis dalam bidang fashion anda lihatlah situasi atau tempat yang cocok
untuk membuka bisnis ini agar bisnis tidak salah tempat. Misalnya jika anda
membuka took, lihatlah sekeliling anda, banyak took pakaian atau tidak.
BAB III
REFERENSI
image from :http://www.google.com/imgres?imgurl=http://homerglen.biz/wp-content/uploads/2014/12/Toko-Baju.jpg&imgrefurl=http://homerglen.biz/clothes-shop-interior-design-in-india.html/toko-baju/&h=2217&w=2969&tbnid=TdEWZwjJLN5-oM:&zoom=1&docid=nQUxopLO2iLlSM&ei=tzP5VJKZO8G1uASwzIKoDQ&tbm=isch&ved=0CCMQMygGMAY
0 komentar:
Posting Komentar