Recent Posts

Kamis, 05 Maret 2015

Peluang Bisnis Dalam Bidang Fashion

Karya Ilmiah
“ Peluang Bisnis Dalam Bidang Fashion”


 



Disusun Oleh :

YULIANA PAWESTRI
14.02.8896
D3 MANAJEMEN INFORMATIKA 04


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN 2015





BAB I
ABSTRAK

Manusia itu tidak terlepas dari industri fashion, karena setiap orang pasti membutuhkan pakaian  wanita ataupun pria. Karena setiap hari manusia pasti membutuhkannya. Sekaligus dengan seiring perkembangan zaman, pasti tidak sedikit pula yang mengikuti tren pada masa itu. Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion semakin mengalami perubahan. Dunia ini pun akhirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa orang untuk memulai bisnisnya di bidang fashion.
Industri fashion memang tidak akan pernah punah oleh perubahan apa pun. Tetapi, industri fashion selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya fashion dengan mode dan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen.
Dari apa yang sudah di pelajari di STMIK Amikom Yogyakarta tentang IT ataupun Teknologi jaringan mempelajari pula cara manajemen pemasaran yang baik, misalnya dengan cara online(web/sosmed) kemudian barang di kirim. Misalnya di STMIK Amikom Yogyakarta diajarkan tentang manajemen pemasaran, bagaimana cara mengetahui minat konsumen, bagaimana cara melayani konsumen yang baik, bagaimana cara memasarkan yang baik dan tepat sasaran.







BAB II
ISI

A.   Peluang Bisnis Dalam Bidang Fashion
Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion semakin mengalami perubahan. Dunia ini pun akhirnya menjadi lahan empuk bagi beberapa orang untuk memulai bisnisnya di bidang fashion. Dan, untuk terjun ke dunia itu, jika ada banyak pilihan, mulai dari skala kecil sampai kelas factory outlet, yang disesuaikan dengan modal calon owner.
Konsumen adalah harta karun industri fashion yang akan terus menciptakan nilai tambah buat kemajuan bisnis fashion. Sebuah industri fashion harus benar-benar memahami tentang makna dari semua desain yang dibuat. Dalam hal itu, perlu dikaji mengenai dampak desain fashion tersebut, yang bisa menciptakan rasa nyaman, pantas, dan bahagia buat para pemakainya. Intinya, setiap orang butuh busana untuk menutupi tubuhnya.

Salah satu rahasia untuk meraih sukses dalam industri fashion adalah bekerja dengan menggunakan kekuatan kreatif, kekuatan strategis, dan kekuatan psikologis optimis dari setiap orang di tempat kerja. Bisnis fashion sangat sensitif terhadap kualitas, mode, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu berubah bersamaan dengan berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen.
Oleh karena itu, dibutuhkan integritas total dari setiap orang di industri fashion untuk bersikap prokreatif dalam memahami dan melayani semua kebutuhan pasar secara sempurna. Adapun menganggap enteng dan melalaikan persepsi pasar merupakan sebuah perbuatan keliru dalam bisnis fashion.
Jadi, sebaiknya jika kita ingin berbisnis dalam bidang fashion ini kita harus memperhatikan :
a.       Model
Model atau gaya yang unik, baik, atau pada umumnya
b.      Bahan
Sesuai dengan kebutuhan serta yang menjamin mutu baik
c.       Alat
Sesuaikan dengan jenis pakaian apa yang ingin di buat
d.      Lingkungan
Lihat sekitar lingkungan tempat kita ingin mendirikan bisnis, pakaian yang sedang tren atau sedang banyak di gemari yang sering di sukai orang sekitar serta sesuaikan dengan umur konsumen
e.       Pola
Melihat bagaimana jenis pakaian sesuai dengan pola atau gambar pakaian tersebut

B    Jenis-Jenis Pakaian
1.      Pakaian Seragam (Sekolah/Kerja)
2.      Pakaian Hangout
3.      Pakaian Daerah
4.      Pakaian Sehari hari
5.      Pakaian Untuk Acara Penting
6.      Pakaian Olahraga
Dll.






A.     Tips dan Cara Membuka Usaha Di Bidang Fashion
1.      Membuka Toko/kios
Jika ingin membuka usaha di bidang fashion, sebaiknya kita punya tempat untuk mmenjalankan usaha tersebut. Tempat itu tidak harus beli atau membangun, kita bisa sewa terlebih dahulu. Jika kita tidak mempunyai tempat kita bisa melakukannya dengan cara berkeliling. Namun jika berjualan berkeliling kita harus punya kendaraan dahulu. Jika sistemnya online, kita bisa juga tidak menggunakan tempat, dengan cara kita memasang foto pakaian yang ada di supplier (Jika dropship) di sosmed atau web, jika ada yang pesan baru di ambilkan dari supplier tersebut.
2.      Mencari Supplier yang Terpercaya
Jika kita tidak merancang baju sendari dengan kata lain kita menjual merek yang ada pada umumnya kita harus lebih selektif untuk memilih supplier (penyedia barang). Dari segi harga, kualitas, kepercayaan serta model pakaian. Dan juga carilah supplier yang benar benar sudah berpengalaman agar tidak terjadi suatu kejadian yang tidak di inginkan.
3.      Merancang Baju Sesuai Kreatifitas
Jika kita menjual baju yang kita rancang sendiri sebaiknya kita mengembangkan kreatifitasan dengan cara menambah referensi, mengikuti tren serta sesuaikan dengan lingkungan agar peminat pada baju rancangan sendiri banyak.
4.      Mengikuti Tren
Mengikuti tren fashion pada masa itu, sehingga kita selalu update tentang fashion yang sedang banyak di minati oleh konsumen.
5.      Melihat Situasi

Jika anda ingin bisnis dalam bidang fashion anda lihatlah situasi atau tempat yang cocok untuk membuka bisnis ini agar bisnis tidak salah tempat. Misalnya jika anda membuka took, lihatlah sekeliling anda, banyak took pakaian atau tidak.



BAB III
REFERENSI

image from :http://www.google.com/imgres?imgurl=http://homerglen.biz/wp-content/uploads/2014/12/Toko-Baju.jpg&imgrefurl=http://homerglen.biz/clothes-shop-interior-design-in-india.html/toko-baju/&h=2217&w=2969&tbnid=TdEWZwjJLN5-oM:&zoom=1&docid=nQUxopLO2iLlSM&ei=tzP5VJKZO8G1uASwzIKoDQ&tbm=isch&ved=0CCMQMygGMAY 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More